Jumat, 18 Januari 2013

Pulang Kampung

Libur natal bulan desember kemarin, kebetulan saya pulang kampung yakni ke Desa Mangaran Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud dari Tangerang. Dari Tangerang ke Bandara International Soekarno-Hatta dengan menggunakan taksi, ongkosnya sekitar 100.000-150.000 dari tempat tinggal saya. Setelah sampai di Bandara saya check-in di Terminal 3 untuk mengikuti penerbangan Air Asia ke Makassar, Sulawesi Selatan dengan waktu dua jam. Setelah sampai di Makassar sambil menunggu penerbangan ke Manado, Sulawesi Utara, saya mampir ke warung-warung yang ada di Bandara International Sultan Hassanudin Makassar untuk mencoba makanan khas yang ada di sana.

 di Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan

di Bandara International Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan


Setelah sekitar tujuh jam saya di Bandara Makassar, saya melanjutkan penerbangan ke Manado dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan waktu satu jam lebih. Tiba di Bandara International Samratulangi Manado, saya dijemput dan menginap satu malam di rumah om dan tante saya. 


Besok harinya, saya kembali melanjutkan perjalan menuju Talaud dengan menggunakan kapal laut, sebenarnya ada pesawat cuma karena harganya mahal jadi saya naik kapal laut. Naik kapal laut dengan tujuan Manado-Talaud ongkosnya Rp 165.000 dan kalau tiket VIP Rp 330.000  per orang. Setelah tiba di pelabuhan kapal, saya mampir dulu ke warung kecil yang menawarkan makanan khas mereka yang biasa orang mengenalnya dengan nama "MIE CHE." Selesai makan, saya naik kapal dan menunggu keberangkatan ke Talaud. Perjalanan ke Talaud ditempuh dengan waktu 12-14 jam.

Setelah sekitar pukul enam pagi, tidak terasa kapal sudah sampai di perairan Kepulauan Talaud, aroma segar dan laut yang indah dipandang mulai menggoda. Setelah merapat di pelabuhan pertama Talaud yaitu desa Mangaran, saya turun dan langsung menuju rumah. 


Pelabuhan Kapal di Mangaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar